PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATA KULIAH KALKULUS I DITINJAU BERDASARKAN LEVEL KEMAMPUAN AKADEMIK

  • Rezi Ariawan Pendidikan Matematika, Universitas Islam Riau
  • Hayatun Nufus Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Kalkulus 1, Level Kemampuan Akademik

Abstract

Salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar matematika adalah tingkat kecemasan yang disebut kecemasan matematis. Penelitian telah menunjukkan bahwa kecemasan ini memiliki dampak negatif pada siswa, terutama prestasi belajar matematika. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat mengurangi kecemasan matematis siswa. Pada artikel ini secara teoritis dipelajari metode pembelajaran kooperatif untuk mengurangi kecemasan matematis siswa yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar matematika. Pembelajaran kooperatif akan menciptakan interaksi dan ketergantungan positif antara siswa dan suasana yang menyenangkan selama belajar sehingga siswa tidak merasa bosan dan cemas selama belajar. Tes lebih lanjut perlu menguji secara empiris dengan berbagai jenis pembelajaran koopeartif dan dampaknya dalam mengurangi tingkat kecemasan matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Analisis Data). Jakarta: Rajawali Pers.

Martono, K. (1999). Kalkulus. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L.J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standard for School Mathematics. Reston: NCTM.

Ariawan, R. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Tesis Pada Sekolah Pascasarjana UPI. Tesis Tidak Diterbitkan.

Ruseffendi, H. E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI
Published
2018-11-27