PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIIB SMP NEGERI 2 PANGKALAN KERINCI

  • Romita Dasra SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci
Keywords: Teams Games Tournament, Learning Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan minat belajar dengan menerapkan pembelajaran Turnamen Teams Games. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun akademik 2016/2017, yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 13 anak laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Di akhir setiap siklus, gim akan diimplementasikan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase minat belajar pada siklus I hanya sebesar 60,71% meningkat 81,24% pada siklus II dan 87,49% pada siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pangkalan Kerinci pada semester genap tahun akademik 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: penerbit Gava Media

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013: Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Lucy, B. (2009). Mendidik Sesuai dengan Minat dan Bakat Anak (Patenting Your Children’s Future). Jakarta: Tangga Pustaka.

Marno.. (2014). Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar: Menciptakan Keterampilan Mengajar secara Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriyadi. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu

Sujiono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Persada.

Depdiknas. 2007. Laporan Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta.
Published
2018-11-27