ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X IPA.2 SMA NEGERI 1 UJUNGBATU DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL

  • Wiwik Setiyaningsih Pendidikan Matematika, Universitas Riau
Keywords: Fakta, Konsep, Prinsip, Operasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan analisis kesalahan menurut Soedjadi yang terdiri dari kesalahan fakta, konsep, prinsip, dan kesalahan operasi pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan keadaan/gejala yang sebenarnya dari siswa dalam menyelesaikan soal. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA.2 SMA Negeri 1 Ujungbatu tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan dengan kemampuan yang heterogen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar yang diberikan terdiri dari 5 soal yang telah divalidasi oleh 2 validator. Tes hasil belajar ini digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel yang selanjutnya akan dianalisis dan dilakukan wawancara kepada siswa untuk mendapatkan informasi mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan analisis kesalahan yang dilakukan siswa, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan operasi dan kesalahan fakta pada soal penyelesaian masalah. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa disebabkan karena tidak teliti dalam menyelesaikan soal dan siswa kurang memahami operasi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No 59/2014: Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud. Jakarta

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 24/2016: Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar. Yogyakarta

R. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Dikjen Dikti Depdiknas. Jakarta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung
Published
2018-11-27