IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Nahor Murani Hutapea Pendidikan Matematika, Universitas Riau
Keywords: Implementasi, Pendekatakan kontekstual, Peningkatan hasil belajar matematika siswa

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di lapangan, hasil belajar matematika siswa (HBMS) masih rendah. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru; siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran (baik individu atau kelompok); dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menghubungkan apa yang telah dipelajari dengan dunia nyata yang dialami oleh siswa, sehingga proses belajar kurang bermakna. Untuk itu telah dilakukan penelitian tindakan dengan model desain siklus, melalui implementasi pendekatan kontekstual yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan HBMS. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 yang terdiri dari 25 siswa dengan tingkat kemampuan heterogen. Instrumen penelitian in adalah perangkat tes HBMS, lembar observasi, dan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelajaran dan lembar kerja siswa. Data aktivitas dianalisis dengan statistik narasi, HBMS dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil pengamatan kegiatan (guru, siswa) terjadi perbaikan proses pembelajaran setelah tindakan pada siklus pertama dan kedua dan terjadi peningkatan jumlah persentase siswa dari skor dasar ke tes matematika 1 dan dari tes matematika 1 ke tes matematika 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pendekatan kontekstual dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan HBMS di topik himpunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendidikan Nasional.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progressif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Published
2018-11-27