PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI SEGITIGA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS VII MTS MASMUR PEKANBARU

  • Reni Marthalena Pasca Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Riau
Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Lembar Kerja Siswa, Pengembangan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan matematika realistis pada materi segitiga yang valid dan praktis. Dalam hal ini, penulis mengikuti prosedur penelitian dan pengembangan yang secara keseluruhan, penulis mulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, penggunaan / aplikasi uji coba, dan yang terakhir revisi produk. Potensi masalah didapatkan dari wawancara dan observasi yang dilakukan di MTs Masmur Pekanbaru pada bulan September 2014 hingga Januari 2015. Kemudian, pengumpulan data tentang kurikulum yang digunakan, data kompetensi dasar dan indikator untuk bahan segitiga. Setelah merancang produk, kemudian, produk diberikan kepada validator sebagai ahli, untuk menilai hasil produk yang baru saja dibuat. Setelah divalidasi, kemudian harus dilakukan revisi produk, setelah itu, diizinkan untuk melakukan uji coba penggunaan / aplikasi yang dilakukan di Mts Masmur Pekanbaru. Dalam uji coba, penulis juga memberikan kuesioner kepada siswa, guru dan pengamat untuk melihat efisiensi produk LKS yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Kuesioner yang diberikan adalah tentang respon siswa, respon guru dan kuesioner implementasi. Dimana validitas nilai LKS sebesar 78,41 dengan kategori cukup valid dan hasil kepraktisan LKS selama empat pertemuan diperoleh nilai kepraktisan sebesar 86,1 untuk kategori sangat praktis. Jumlah siswa yang diamati adalah 23 siswa. Jadi, disimpulkan bahwa produk LKS pada bahan segitiga menggunakan pendekatan RME adalah valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa kelas tujuh MTs Masmur Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Misdalina, Zulkardi, & Purkowo. (2009). Pengembangan Materi Integral untuk SMA Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika; Volume 3 No 1 Juni 2009, hal. 54. Palembang: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNSRI.

Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2018-11-27