PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI NIDHOMIYAH JOMBANG

  • Faridatul Masruroh STKIP PGRI Jombang
  • Tomi Syafrudin UNIPDU Jombang
Keywords: Reciprocal teaching, Mathematics learning outcomes

Abstract

Selection of appropriate learning strategies by teachers tailored to the subject matter, so that students can understand the subject clearly. Reciprocal Teaching is a learning strategy so that learning objectives are reached quickly through the process of independent learning. By presentation in front of a class, students are expected to achieve learning objectives and increase learning independence. This study aims to determine whether there is an influence of Reciprocal Teaching towards mathematics learning outcomes of fourth-grade students MI Nidhomiyah Jombang academic year 2018/2019. The calculation of the t-value uses SPSS 16. The result of t-value is 4,667 with sig (2 tailed)= 0,000. The data result showed that  is rejected. The researchers concluded that there is influence Reciprocal Teaching towards mathematics learning outcomes.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, L. (2012). Efektivitas penggunaan model reciprocal teaching dengan melakukan fieldtrip terhadap hasil belajar matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Andayani, S. (2016). Implementasi model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Aksioma, 5(2), 172 – 179

Arifiyandy, R.G. (2013). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model Reciprocal Teaching pokok bahasan teorema phytagoras siswa kelas VIII Semester I SMP Negeri 2 Porong. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Pendidikan Ilmu Eksata dan Keolaragaan IKIP Malang

Ferryansyah. (2011). Perbandingan prestasi belajar matematika siswa antara pembelajaran yang disertai penciptaan kondisi alfa dan tanpa disertai penciptaan kondisi alfa. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3 (2). 235 – 242

Kawedar, W.P. dan Qohar, A. (2012). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kapanjen. Jurnal Online UM, 1(2).

Rohman, M.A. (2011). Pengaruh Penguasaan Konsep Bangun Datar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Dalam Materi Pokok Bangun Ruang Pada Peserta Didik Kelas IX Semester Gasal Di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, Kulitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Tatik. (2014). Pengaruh pendekatan reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS. Al-Asy’ariyah. Jombang: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Surabaya: Kencana

Yuliana (2012). Pengaruh Penerapan TGT Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 11 Ponkot. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: FKIP Universitas Tanjung Pura
Published
2019-05-30