PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA XI IPS 5 SMAN 12 PEKANBARU

  • Alfarobi Pendidikan Matematika, Universitas Riau
  • Alirman SMA Negeri 12 Pekanbaru
Keywords: Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe NHT, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 12 Pekanbaru melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 35 orang dengan kemampuan akademik yang heterogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Pengamatan dilakukan oleh satu orang guru matematika SMAN 12 dan satu orang dosen Pendidikan Matematika FKIP UNRI. Tes hasil belajar matematika dilakukan sebanyak dua kali di setiap akhir siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa serta soal tes hasil belajar matematika. Data aktifitas guru dan siswa dianalisis secara kualitatif dan data hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT sudah semakin sesuai dengan RPP dan mengalami peningkatan kualitas untuk setiap pertemuan. Demikian juga halnya dengan aktifitas siswa yang menunjukkan kemajuan untuk setiap pertemuan. Siswa sudah berani untuk maju ke depan kelas mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Sejalan dengan peningkatan aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran, hasil belajar matematika siswa juga meningkat. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk siklus I dan II adalah 14,28%, naik 8,58% sebelum dilakukan tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Febrianto. (2018). Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi Industri 4.0 di Pendidikan. [Online]. Tersedia: https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/02/p8388c430-mendikbud-ungkap-cara-hadapi-revolusi-40-di-pendidikan. [3 Maret 2019].

Ibrahim dan Nur. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press

Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 23 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud. Jakarta.

Kiwari, B. (2018). Sri Mulyani: Matematika Diperlukan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. [Online]. Tersedia: https://kumparan.com/bandungkiwari/sri-mulyani-matematika-diperlukan-dalam-menghadapi-revolusi-industri-4-0-1538271015315718945. [4 April 2019].

Kunarsih, I. dan Berlin. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta: Kata Pena.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Published
2019-05-30