MEMBANGKITKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMAN 5 PINRANG

  • Dewi Anggreni Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Usman Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Parepare

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui kepercayaan diri peserta didik kelas XI di SMAN 5 Pinrang (2) Untuk mengetahui pembelajaran matematika melalui strategi Everyone is a teacher here pada kelas XI SMAN 5 Pinrang (3) Untuk mengetahui strategi Everyone is a teacher here dapat membangkitkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI dalam pembelajaran Matematika Pada materi Program Linear di SMAN 5 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental dengan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan lembar angket. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskripsi dan analisis statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Zhitung = 4,847 dan Ztabel = 1,96 sehingga Zhitung > Ztabel. Dengan demikian maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri peserta didik dapat dibangkitkan melalui strategi everyone is a teacher here. Hal ini ditunjukkan dengan (1) aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran melalui strategi everyone is a teacher here meningkat karena presentase yang memenuhi aspek > 70%, (2) nilai presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 72,2% dan termasuk pada kategori “Tinggi” dan (3) presentase respon angket kepercayaan diri peserta didik mengalami peningkatan sebesar 14,3% dan termasuk pada kategori Percaya Diri .

Kata Kunci: Strategi Everyone is a teacher here, Kepercayaan Diri.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hariyati, W. (2019). Peningkatan rasa percaya diri belajar matematika melalui strategi Everyone is a Teacher Here. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Haryono, iA. i(2012). iMedia ipendidikan ipengertian, ipengembangan idan ipemanfaatannya. Rajawali iPers.

Mahmudah, M. (2016). Urgensi diantara dualism metode pembelajaran ceramah dalam kegiatan belajar mengajar untuk siswa MI/SD. Cakrawala, 11(1), 116-129.

Molle, & Moma, L. (2008). Pembelajaran Kooperatif di SMP dan SMU pada mata pelajaran Matematika di Provinsi Maluku. In Buletin Pendidikan Matematika (Vol. 10, No. 1). Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura.

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Patra, G.P.A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. MAJU, 7(2), 174-181.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi. Remaja Rosdakarya Offset.

Simbolon, L.M. (2021). Penggunaan metode Everyone is a Teacher dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Negeri 137957 Kota Tanjungbalai. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 6(2), 128-142

Suriani, A.I., & Nenowati, S. (2020). Penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dampaknya terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial studi pada murid kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 51-60.

Zaeni, H., Munthe, B., & Aryani, S.A. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Insan Madani.

Diterbitkan
2022-02-01