DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING DEVICES WITH PROBLEM BASED LEARNING MODEL ON SET MATERIAL FOR THE SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perubahan kurikulum yang menuntut guru untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran serta masih terbatasnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari Silabus, RPP dan LAS. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develope (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Perangkat pembelajaran pada penelitian ini divalidasi oleh 3 orang validator. Berdasarkan analisis diperoleh hasil validasi Silabus, RPP dan LAS adalah 3,73, 3,59, 3,52 dengan kategori sangat valid. LAS yang sudah valid dilakukan ujicoba terbatas (kelompok kecil) dengan 6 orang siswa. Hasil analisis angket respon siswa pada ujicoba terbatas(kelompok kecil) diperoleh rata-rata praktikalitas 3,42 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan berupa Silabus, RPP dan LAS menggunakan model Problem Based Learning pada materi Himpunan kelas VII SMP/MTs memenuhi kriteria valid dan untuk LAS memenuhi kriteria praktis.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. Remaja Rosdakarya
Daryanto & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gavana Media
Fitriani, I., Armis, & Saragih, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning pada materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1 – 9
Kemendikbud. (2016). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud
Mudhlofir, A. & Fatimatur, E. (2016). Desain pembelajaran inovatif dari teori ke praktik. PT Raja Grafindo Persada
Mulyasa. (2018). Implementasi kurikulum 2013 revisi dalam era revolusi industri 4.0. PT Bumi Aksara
Nurhasanah, E.N., Roza, Y., & Saragih, S. (2020). Development of learning instrument of Problem Based Learning involving mathamatical problem solving ability of student in 8th grade SMP/MTs for Linear Syitems with Two Variables Matter. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika. 2(2), 66 – 78. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i2.55
Pasigatama, N. (2015). Pengembangan perangkat pembalajaran dengan model Problem Based Learning pada materi pokok himpunan kelas VII SMP. (Thesis). Retrieved from http://eprints.umpo.ac.id/1080/. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Sudijono, A. (2011). Pengantar statistik pendidikan. Rajawali Pers
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Kencana Media
Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajaran
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##